Manfaat Perlindungan Asuransi Perjalanan dan Klaim Ganti Rugi Akibat Ketidaknyamanan

Manfaat Perlindungan Asuransi Perjalanan dan Klaim Ganti Rugi Akibat Ketidaknyamanan

Melakukan perjalanan baik untuk kebutuhan bisnis maupun wisata tentunya memiliki risiko baik pada diri sendiri maupun barang bawaan Anda. Hal ini membuat tiap individu yang hendak berpergian haruslah berusaha meminimalisir dampak dari risiko perjalanan dengan membeli asuransi perjalanan dalam negeri maupun luar negeri sesuai dengan kebutuhan perlindungan masing-masing. Selain meminimalisir dampak dari risiko yang mungkin terjadi, asuransi perjalanan juga tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi nasabah dan membuat perjalanan kian menyenangkan.

Asuransi perjalanan sendiri tidak hanya dapat dimiliki oleh perseorangan saja, melainkan juga bisa dinikmati oleh sekelompok group wisatawan serta biro perjalanan. Manfaat yang diberikan pun tidak sedikit, diantaranya perlindungan diri secara medis seperti biaya pengobatan serta santunan rawat inap, ganti rugi akibat kecelakaan sampai dengan manfaat ganti rugi akibat ketidaknyamanan saat perjalanan. Terkait dengan manfaat terakhir, terdapat tiga jenis ketidaknyamanan selama perjalanan yang dapat diklaim oleh nasabah kepada perusahaan asuransi agar dapat diganti rugi sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak, diantaranya:

  1. Ketidaknyamanan akibat kehilangan barang. Manfaat ganti rugi yang satu ini menjadi esensial jika melihat risiko kehilangan barang bawaan yang cukup besar, terutama di bagasi baik di maskapai penerbangan ataupun di moda transportasi lain. Hal ini karena, meski sudah berhati-hati, kehilangan barang bisa saja terjadi yang diakibatkan oleh banyak faktor, misalnya keteledoran staf transportasi yang digunakan maupun ulah oknum jahat yang berusaha mengambil barang bawaan Anda.
  2. Ketidaknyamanan akibat keterlambatan. Umumnya manfaat ini diberikan bagi nasabah yang hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Hal ini dikarenakan ketepatan waktu dari moda transportasi udara yang satu ini cukup penting dan sangat berpengaruh pada pengalaman berpergian penumpangnya. Sehingga ketidaknyamanan akibat keterlambatan baik saat keberangkatan atau waktu sampai ke tujuan menjadi salah satu yang lindungi oleh asuransi.
  3. Ketidaknyamanan akibat pembatalan perjalanan. Bentuk perlindungan asuransi dari jenis ketidaknyamanan yang satu ini adalah dengan memberikan ganti rugi berupa uang tunai kepada peserta asuransi yang mengalami kerugian akibat penundaan serta jaminan atau kepastian kapan bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan nyaman.

Itu dia beberapa jenis ketidaknyamanan selama perjalanan yang bisa diganti rugi oleh perusahaan asuransi sebagai bentuk manfaat perlindungan. Meski begitu, sebelum Anda membeli asuransi perjalanan pastikan seluruh manfaat perlindungan yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda dan diskusikan kembali kebutuhan Anda tersebut dengan agen asuransi agar kelak manfaat yang tertera dapat Anda maksimalkan dan proses klaim juga menjadi lebih mudah. Selain itu, jika beberapa risiko perjalanan atau ketidaknyamanan di atas terjadi pada diri Anda dan hendak melakukan klaim, Anda perlu melakukannya dengan segera karena asuransi perjalanan umumnya memiliki masa kadaluwarsa terkait pelaporan klaim yang lebih singkat dibanding produk asuransi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *