Blended learning

Kenali Model dan Keuntungan Blended Learning Disini!

Blended learning ini menjadi metode pembelajaran yang efektif selama pandemi. Akibat wabah Covid-19 ini banyak yang berubah mulai dari sistem pembelajaran, aktivitas kehidupan, perbelanjaan dan lain sebagainya. Pendidikan yang tadinya offline berubah menjadi online karena dikhawatirkan virus Covid-19 ini akan menular dengan cepat jika banyak interaksi di dalam kelas atau sekolah.

Dengan adanya wabah ini penerapan pendidikan menggunakan teknologi ini akan semakin cepat terlaksana. Perubahan dalam segi pendidikan ini membutuhkan usaha lebih keras, bahkan memunculkan tantangan baru yang harus dihadapi. Salah satunya menentukan model pembelajaran yang tepat. Blended learning ini menjadi metode pembelajaran yang efektif dan bisa dicoba saat menerapkan daring. Metode ini akan menggabungkan, mencampurkan bahkan mengkombinasikan sistem pendidikan konvensional dengan yang berbasis digital.

Model

Ada berbagai macam model metode pembelajaran blended atau campuran seperti berikut ini:

1. Model Rotasi

Yang pertama adalah rotasi. Keterlibatan online ini akan digabungkan. Lebih tepatnya teknologi online yang mana sering disematkan ke dalam berbagai bentuk pembelajaran tatap muka.

2. Model Fleksibel

Selanjutnya model fleksibel. Siswa akan dituntut untuk aktif dalam pembelajaran namun tetap diawasi seorang guru yang kehadirannya secara fisik atau offline.

3. Self Blending

Model ini terbatas dan hanya bisa diaplikasikan pada pendidikan tinggi saja. Siswa bisa memilih sendiri kelas yang berbeda untuk diambil secara online. Untuk melakukannya bisa di dalam situasi dimana ada pengawas di dalamnya.

4. Virtual yang Diperkaya

Model ini relevan dan sering diaplikasikan dengan pendidikan tinggi. Model ini akan melibatkan satu atau lebih metode offline atau pertemuan tatap muka untuk memuat kekayaan pengalaman belajar secara virtual ini semakin bertambah atau meningkat.

Keuntungan

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika mengaplikasikan metode pembelajaran blended atau campuran. Simak beberapa manfaatnya berikut ini:

1. Fleksibel

Kelebihan yang pertama adalah lebih fleksibel. Berbeda dengan belajar tradisional dimana metode ini akan membuat siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajarnya sendiri.

2. Tingkatkan Hasil Belajar

Metode pengajaran satu ini terbukti membuat hasil belajar sebagian siswa ini meningkat. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan terhadap anak SD, mereka yang menggunakan metode pembelajaran campuran atau blended ini mampu mencapai peningkatan membaca sampai 20 poin.

3. Interaksi Siswa Meningkat

Manfaat yang terakhir adalah membuat interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran ini meningkat. Dengan menggunakan teknologi belajar membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar.

 

Untuk mendapatkan metode blended atau campuran yang berkualitas Anda harus memilih sekolah yang berkualitas pula. Anda bisa mempercayakan pendidikan kepada Sekolah Murid Merdeka atau SMM. Sekolah unggulan satu ini menawarkan metode blended learning sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien, selain itu mampu menawarkan pembelajaran yang seru dan menarik, gabung dan daftar sekarang juga, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.