5 Manfaat Musik Bagi Anak, Salah Satunya Meningkatkan Konsentrasi

Mengenalkan musik kepada anak sejak usia dini membawa banyak manfaat bagi tumbuh kembang dan perkembangan otak si kecil. Sebuah studi menunjukkan bahwa musik membantu menghubungkan saraf dengan keterampilan anak. Simak 5 manfaat musik bagi anak di bawah ini.

1.     Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis, dan Berhitung

Manfaat musik bagi kemampuan kognitif anak sudah terbukti benar adanya. Apalagi jika sudah diajarkan sedari kecil, seperti mengenal suara ibu, orang sekitar, hingga benda/hewan tertentu hal ini menjadi rangsangan si anak untuk memecahkan kode suara atau kata. Area di otak bisa diaktifkan dengan musik yang bisa mempertajam kemampuan anak dalam memproses peristiwa.

Bermain musik dengan bernyanyi akan mengajarkan anak tentang pengulangan dan identifikasi terhadap irama lagu serta pola urutannya. Apabila anak menguasai hal ini, maka bisa bermanfaat bagi perkembangan kemampuan berhitung dan mengenal huruf.

2.     Baik untuk Kinerja Otak maupun Emosional Anak

Suatu studi mengatakan bahwa jumlah hubungan antar sel pada orang yang bermusik lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak. Sehingga dengan bermusik dapat meningkatkan jumlah hubungan antar sel, akibatnya kerja otak bisa jauh lebih cepat dan efektif.

Selain untuk kinerja otak, musik juga bisa mengembangkan kecerdasan emosional anak. Berlatih musik bisa mempertajam kemampuan anak dalam mengenali emosi dalam suara. Hal ini mengakibatkan anak akan lebih sigap dalam menanggapi hal/kondisi yang terjadi dengan orang sekitarnya.

3.     Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat musik bagi perkembangan anak sangat besar terlebih dalam meningkatkan konsentrasi. Mulai dari mendengar suara musik, bernyanyi, hingga bermain alat musik dapat meningkatkan konsentrasi anak. Selain itu, musik juga membantu anak untuk lebih fokus dalam melakukan sesuatu termasuk dalam hal pelajaran.

Suara musik bisa membuat saraf otak anak menjadi rileks sehingga lebih bisa menampung banyak informasi. Bermain alat musik juga membantu anak untuk belajar sabar dan tekun yang sangat penting bagi pengendalian diri anak ke depannya.

4.           Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak

Aktivitas bermusik memungkinkan anak untuk terlibat dengan orang sekitarnya. Misalnya menyanyi dengan keluarga/teman hingga les dengan guru tertentu. Hal ini membuat anak belajar tentang sosialisasi dengan orang lain. Bermusik membuat anak senang dimana hal ini akan meningkatkan percaya diri anak yang bagus digunakan dalam bersosialisasi ke depannya.

5.     Mendukung Keterampilan Motorik Anak

Ketika mendengarkan musik, si kecil terkadang ikut menari mengikuti alunan musik yang bagus untuk pertumbuhan fisiknya. Selain itu, menari atau bermain musik juga akan melatih koordinasi dan kemampuan motorik anak, seperti melompat.

Tidak ada salahnya mengajari anak tentang musik sejak dini. Toko online Orami jual mainan musik dengan aneka ragam yang bisa digunakan sebagai media belajar anak. Toko peralatan bayi ini juga menyediakan berbagai keperluan ibu dan bayi dengan harga yang lebih terjangkau dan berbagai promo serta diskons. Yuk, buruan belanja di Orami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.